Rabu, 04 Maret 2009
Politik yang Menggelitik Ala Indonesia
Menelaah kembali liku-liku perjalanan perpolitikan Indonesia cukup menarik. Jika pada masa Orde Lama, konsep dasarnya adalah revolusi, dan pada masa Orde Baru konsep utamanya adalah pembangunan, maka pada masa transisi ini, konsep itu adalah reformasi. Seperti layaknya sebuah matra suatu era, maka pada kata reformasi ditumpukan muatan nilai-nilai utama yang menjadi landasan dan harapan proses bernegara dan bermasyarakat. Reformasi secara sederhana berarti perubahan pada struktur maupun aturan-main baik dalam bidang ekonomi maupun politik. Secara teoretik, perubahan tersebut diupayakan agar tatanan negara dan masyarakat baru akan menjadi lebih demokratik secara politik dan lebih rasional secara ekonomi.

Beberapa saat lagi bangsa Indonesia akan menyaksikan pesta akbar demokrasi. Kesibukan Indonesia seakan terkonsentrasi pada persiapan pesta akbar ini. Hal ini bisa kita lihat dibeberapa media masa yang slalu memantau dengan tanggap setiap langkah yang ditempuh oleh pemerintah dalam upaya sosialisasi. Tidak hanya sampai disitu bahkan beberapa media masa banyak dipenuhi dengan pemberitaan para calon legeslatif yang diusung oleh masing-masing partai.

Ada hal yang menggelikan dalam perjalanan politik di Indonesia tahun ini. menjadikan politik semakin bernuansa kental Indonesia yang jarang ditemukan di negara-negara lain. Jika baru-baru ini di negeri paman syam marak berkampanye dengan wordpress melalui dunia maya, tetapi di Indonesia sedang marak kombinasi antara politik dan supranatural. Dalam hal ini antara calon legeslatif dan paranormal yang datang meminta ramuan-ramuan mujarab guna meraih suara maksimal dalam pemungutan suara pemilu yang akan digelar bulan April 2009 mendatang.
Fakta ini terungkap dibeberapa media massa yang memuat pemberitaan tentang maraknya para calon legeslatif yang mendatangi paranormal guna meminta dukungan bantuan ghaib wal hasil nantinya bisa menduduki kursi empuk legeslatif. Banyak para calon legeslatif yang datang ke paranormal. Baik dari partai kalangan menengah, bawah, bahkan kalangan elit.

Beragam alasan yang memotivasi para calon legeslatif mendatangi paranormal. Diantaranya, guna membuka aura sehingga tampak berkarisma dan orang-orang berduyun mencoblos partainya walaupun sebelumnya mereka tidak tertarik dengan itu. Parahnya, dikatakan juga bahwa paranormal mampu mengalihkan dan memanipulasi suara. Artinya suara banyak yang telah diraih seorang calon bisa dialihkan ke kotak suara yang dinginkan oleh sang dukun. Hal ini diakui secara terbuka oleh Ki Joko Gendeng. Salah satu paranormal haldal yang banyak ketiban rizeki menjelang pemilu April 2009 mendatang.

Dikisahkan juga oleh Ki Gondurwo bahwa ada ritual-ritual yang harus dipenuhi. Semakin genjar resep-resep itu diamalkan maka semakin mantab dan mujarab saat pemilihan nanti. Diantara ritual-ritual yang harus dilakukan adalah puasa, keliling ke makam para wali, menggunakan jimat, menanam barang-barang. Bahkan ada yang sampai di mandikan dengan kembang.

Kenyataan ini merupakan wujud dari mental bangsa yang tidak dewasa. Memandang pemerintahan dan kekuasaan sebagai suatu yang diperebutkan. Bukan sesuatu yang harus diperjuangkan guna membangun satu kesatuan yang utuh dalam bernegara. Ada motivasi pribadi dan kelompok yang ingin dicapai. Bukan kepentingan bersama. Pertanyaannya, apakah bisa dengan cara seperti ini mencapai cita-cita reformasi yang diimpikan oleh setiap individu bangsa Indonesia? Atau alih-alih reformasi, malah menjadi repot nasi?

Sangat mencengangkan memang. Bangsa yang memliki jumlah penduduk muslim terbesar didunia percaya dengan kicauan para dukun. Rekaan konyol paranormal yang tak bertanggung jawab. Menghalalkan segala cara asalkan tujuan tercapai. Saling sikut tikam sesama saudara hanya untuk memperebutkan kekuasaan sesaat. Bentuk rivalitas yang tidak sportif. Yang pasti semua ini suatu saat harus berakhir. Sikap mental yang tidak dewasa ini harus segera berakhir. Agar bisa mencapai puncak reformasi yang diimpikan oleh setiap individu bangsa Indonesia

Hidayatullah Ahmad Jazri
posted by Hidayatullah Ahmad Jazri @ 01.27  
DAKWAH ALA SANTRI

Previous Post
Archives
SHOUT BOX